Fasilitas Live Chat dengan Hab.La

Sering kita jumpai banyaknya fasilitas chatting yang bisa menunjukkan bahwa si pemilik web/blog sedang online pada saat tertentu, seperti pada Yahoo! Messenger online status yang sering kita lihat baik itu menunjukkan si pemiliknya sedang online atau sedang offline. Namun bagi pengunjung yang belum tahu betul (baca: gaptek) mengenai berbagai macam fasilitas chatting yang ada di dunia maya ini terkadang membuat mereka bingung untuk memulai percakapan dengan si pemilik atau customer service yang ada di web/blog kita, karena jika status yang menunjukkan kalau kita sedang online dan lalu diklik, maka online status tersebut pasti merujuk pada ada tidaknya aplikasi chatting yang ada di komputer tersebut dan perlu login pula untuk memulai percakapan, contohnya pada Yahoo! Messenger yang saya sebutkan di atas. Nah, terkadang hal ini membuat di mata pengunjung web/blog kita menjadi tidak user-friendly, padahal di zaman seperti ini ketepatan dan kecepatan akses adalah sebuah kebutuhan. Sekarang ada yang bisa membuat semuanya menjadi lebih mudah dan user-friendly, fasilitas ini bernama Hab.La.


Hab.La adalah fasilitas live chat (baca: chatting langsung di saat pengunjung dan pemilik web/blog sedang online) yang memudahkan pengunjung web/blog kita untuk chatting langsung tanpa harus membuka aplikasi tertentu. Di sini hanya kita yang perlu stay online, dan jika ada pengunjung web/blog kamu yang memulai percakapan, maka di IM (instant messaging) di mana kamu sedang online akan menampilkan adanya user yang ingin chatting dengan kamu. Hab.La memberikan beberapa alternatif IM client mana yang ingin kamu pakai sebagai penghubung dengan layanannya, bisa melalui GTalk, AIM (AOL Instant Messenger), Jabber, dan beberapa IM client lainnya seperti iChat, Adium, Pidgin, atau Meebo.

Untuk memudahkan pemahaman pemakaian layanan Hab.La, ikuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Silakan Sign-up di situs Hab.La, di URL: https://hab.la, dan lalu isi form registrasinya.

2. Setelah Sign-up jangan lupa verifikasi (confirm) dahulu pendaftaranmu di Hab.La dengan mengklik link yang dikirim ke email yang kamu daftarkan di form registrasi.

3. Jika sudah, silakan Login dengan username yang sudah kamu daftarkan beserta passwordnya.

4. Langkah pertama sesudah Login adalah tentukan IM client yang ingin kamu jadikan penghubung dengan layanannya Hab.La, misalnya seperti saya yang memakai IM client GTalk, dan untuk artikel ini saya mencontohkannya dengan GTalk saja yaa.


Gambar. Memilih IM client dan memasukkan screenname.

5. Masukkan alamat GTalk kamu dengan lengkap, lalu klik “continue”.

6. Setelah itu jangan lupa bahwa kamu juga perlu Login ke IM GTalk kamu, karena Hab.La akan menambahkan list yang ada di GTalk kamu sebagai penghubung.

Gambar. List yang akan dimasukkan ke dalam IM client.

7. Jika seluruh list yang ada sudah kamu approve di IM GTalk kamu, maka Hab.La akan tampil di IM GTalk kamu seperti pada gambar berikut.


Gambar. List yang ada diberikan oleh Hab.La sudah terdaftar di IM client GTalk.

8. Setelah men-setting IM client apa yang akan kamu pakai, silakan klik “continue” untuk mendapatkan script yang tinggal di-copy-paste dan tinggal kamu pasang di blog kamu, web, atau di mana saja asal mendukung untuk ditambahkan kode javascript di dalamnya. Dalam hal ini seperti contoh yang ada di blog saya ini, saya memakai sedikit kreativitas saya sendiri yang menggunakan fasilitas pop-up agar mempermudah bagi user blog ini. 🙂

9. Bagi yang kurang paham bagaimana cara memasukkan script code-nya, silakan baca sendiri tutorialnya yang terletak persis di bawah kotak script code yang diberikan oleh Hab.La.

Mungkin ada beberapa dari kamu yang sudah tahu fasilitas serupa seperti yang diberikan oleh Hab.La ini, contohnya GTalk yang bisa juga dengan menggunakan fasilitas Google Talk Badge, dan Yahoo! Messenger dengan fasilitas Yahoo! Messenger Pingbox. Namun kelemahan pada kedua fasilitas live chat itu adalah sebagai berikut:

1. Lamanya proses loading dikarenakan kedua fasilitas live chat tersebut menggunakan platform flash yang kadang berat untuk koneksi internet yang lambat.

2. Proses pengiriman message terkadang lambat dan tidak muncul dengan sempurna.

3. Keduanya tidak bisa di-customize sesuai dengan selera kita.

Pada dasarnya saya yakin dari sekian pembaca artikel ini mungkin ada yang masih bingung, kalau tidak berarti kalian bisa mencerna apa yang saya maksudkan. Bagi yang kurang paham silakan langsung bertanya di kotak komentar di bawah artikel ini yaa. Semoga bermanfaat. 🙂

Contoh fasilitas live chat dengan menggunakan Hab.La yang ada di blog saya.



Gambar. Screenshot Latuminggi Live Chat jika ada yang memulai percakapan.

168 pemikiran di “Fasilitas Live Chat dengan Hab.La”

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: