Forum Gratis dengan ProphpBB.com

Tentu bagi sebagian kalangan para pembuat web komunitas sangat ingin membuat sebuah forum yang bisa menjadi wadah diskusi dan saling bertukar informasi dengan sesama anggotanya. Namun, tak jarang kendala biaya hosting yang belum sesuai dengan isi kantong dan minimnya disk space dari paket hosting yang kita miliki jadi benturan untuk membuat sebuah forum yang hemat biaya (baca: gratis) tetapi tetap menggunakan domain prestisius yang sudah kita miliki.

Jangan khawatir lagi, sekarang sudah ada sebuah layanan gratis untuk membuat sebuah forum dengan menggunakan domain kamu sendiri, tidak perlu bertele-tele lagi, silakan menuju ProphpBB.com. Di sana kamu bisa membuat sebuah forum dengan gratis dan tetap bisa menggunakan domain kamu sendiri, lebih tepatnya dengan menggunakan subdomain seperti forum.domainkamu.com (custom domain). Jadi kamu tidak perlu malu lagi dengan membuat sebuah forum di tempat gratis yang tidak bisa diubah domainnya sesuai dengan keinginan kamu.

Untuk membuat forum di sana kamu tentunya perlu mendaftarkan dahulu nama forum yang ingin kamu buat dengan menggunakan subdomain dari ProphpBB untuk sementara. Lalu setelah itu kamu bisa mengajukan request untuk menggunakan domain/subdomain kamu sendiri agar forum kamu terlihat lebih bonafit dibandingkan memakai subdomain gratisan dari ProphpBB.

Gambar. Proses pendaftaran forum gratis di ProphpBB.com

Jika kamu sudah terbiasa bermain dengan DNS (domain nameserver), pasti setidaknya kamu sudah mengenal beberapa jenis record yang ada seperti A record, CNAME, TXT, SRV, dan lain-lain. Nah, untuk menindaklanjuti agar domain/subdomain kamu bisa di-point (diarahkan) ke servernya ProphpBB, maka dari 4 jenis record yang ada di atas kamu hanya perlu men-setting yang A record saja, arahkan ke 207.58.184.51

Gambar. Contoh pengarahan subdomain forum ke server ProphpBB.com

Untuk me-request perubahan domain ini kamu harus mengirimkan PM (private message) ke moderator ProphpBB sebagai konfirmasi, jadi mau tidak mau kamu juga harus terdaftar dahulu di forum mereka di https://support.prophpbb.com. Untuk informasi lebih lanjut mengenai masalah penggunaan domain milik sendiri (using your own domain name) di ProphpBB, silakan lihat di sini. Oke, selamat mencoba ya. 😀

104 pemikiran di “Forum Gratis dengan ProphpBB.com”

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: